Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar 5 Makanan Gado-gado Terenak dari Berbagai Provinsi di Indonesia

Gado-gado Terenak

 Indonesia dikenal sebagai surga kuliner dengan beragam hidangan lezat dan khas dari setiap provinsinya. Salah satu hidangan yang tidak boleh dilewatkan adalah gado-gado. Meski memiliki akar yang sama, setiap provinsi memiliki variasi gado-gado yang unik dan menggugah selera. Berikut adalah daftar 5 makanan gado-gado terenak khas provinsi di Indonesia, diurutkan dari yang terenak:

1. Gado-gado Surabaya (Jawa Timur) 

Gado Gado Surabaya

Gado-gado Surabaya adalah raja gado-gado di Jawa Timur. Dibuat dengan sayuran segar seperti kangkung, kacang panjang, daun melinjo, dan tauge, serta tahu dan tempe yang digoreng garing. Gado-gado Surabaya disajikan dengan bumbu kacang yang gurih dan asin, serta diberi kerupuk untuk memberikan tekstur yang renyah.


2. Gado-gado Betawi (DKI Jakarta) 

Gado Gado Jakarta

Gado-gado Betawi adalah hidangan ikonik dari ibu kota Indonesia. Menggabungkan sayuran seperti kubis, tauge, daun bawang, dan mentimun dengan tahu, tempe, dan telur, gado-gado Betawi disiram dengan bumbu kacang manis yang kental. Hidangan ini biasanya dilengkapi dengan kerupuk dan sambal kacang.


3. Gado-gado Medan (Sumatera Utara) 

Gado Gado Medan
Gado-gado Medan memiliki rasa yang khas dan berbeda dari versi lainnya. Dalam hidangan ini, sayuran segar seperti kangkung, daun singkong, dan tauge disajikan dengan tahu, tempe, dan bumbu kacang yang kaya rempah. Gado-gado Medan sering disajikan dengan tambahan ikan teri atau ikan bilis yang memberikan cita rasa asin yang khas.



4. Gado-gado Padang (Sumatera Barat) 

Gado Gado Padang
Gado-gado Padang memiliki karakteristik yang berbeda dengan gado-gado lainnya. Hidangan ini menggunakan sayuran seperti kubis, tauge, daun bawang, dan mentimun yang disajikan dengan bumbu kacang yang kental dan diberi sentuhan rempah khas Padang, seperti daun jeruk dan daun salam. Gado-gado Padang juga sering dilengkapi dengan kerupuk amplang yang memiliki tekstur yang unik.



5. Gado-gado Banyumas (Jawa Tengah) 

Gado Gado Banyumas
Gado-gado Banyumas adalah hidangan yang populer di Jawa Tengah. Dalam versi ini, sayuran seperti kubis, tauge, dan daun melinjo disajikan dengan tahu, tempe, dan bumbu kacang yang sedikit berbeda. Bumbu kacangnya menggunakan petis, yang memberikan sentuhan gurih yang khas pada gado-gado Banyumas.


Setiap provinsi di Indonesia memiliki keunikan tersendiri dalam membuat gado-gado. Dari gado-gado Surabaya yang gurih hingga gado-gado Banyumas dengan petis yang khas, semua hidangan ini menawarkan rasa yang lezat dan memanjakan lidah. Jadi, jika Anda sedang menjelajahi Indonesia, jangan lupa mencoba gado-gado khas dari setiap provinsi untuk menikmati kelezatan kuliner Indonesia yang tak terlupakan.

Posting Komentar untuk "Daftar 5 Makanan Gado-gado Terenak dari Berbagai Provinsi di Indonesia"